06 Desember 2008

Elkasih Band Kumpulan Orang Gagal

Elkasih Band  Bukan bermaksud memincingkan mata atas kehadiran Elkasih di jagad industri musik Indonesia. Namun band yang digawangi El Ibnu (vokal), El Arief (drum), El Fajar (bass), El Ari (keyboard), dan El Binbin adalah sekumpulan orang yang gagal.
Paling tidak itulah yang diakui El Ibnu – mantan vokalis Dunia Band, saat mereka melempar album mini perdana Pesan dari Surga di Hard Rock CafĂ© beberapa waktu lalu.

"Buat aku pribadi bermusik adalah hati bukan materi. Dulu aku tidak menemukan itu, menyanyi tanpa dari hati dan itu membuat sangat tertekan. Dan saling tertekannya aku membuat lagu sendiri tapi tidak diindahkan oleh band terdahulu. Sampai aku berpikir untuk bersolo karir sebelum ketemu dengan sekelompok orang gagal ini," ujar El Ibnu.

Di sini El Ibnu menciptakan keseluruhan lagu Elkasih yang hanya berjumlah 6 lagu. Itulah juga mengapa album Pesan dari Surga produksi V Music ini disebut sebagai mini album.

Karenanya keenam lagu - Pesan dari Surga, Pergilah Cinta, Aku Harus Pergi, Sekali Dan Terakhir, Kau Tigakan Cintaku dan Lelakimu diproyeksi menjadi hits semua. Dan untuk single hits pertama terpilih Lelakimu.


"Kenapa harus membuat banyak lagu kalau 6 lagu ini bisa menjadi hits semua," ujar El Ibnu enteng.

Dengan proyeksi seperti itu, tentu Elkasih bukan kumpulan sembarangan orang. Elkasih mengusung genre hybrid pop, yang memadu-padankan gaya bermusik British dan Amrik. Genre musik seperti ini, yang bernada mellow dan easy listening memang bukan hal baru di Indonesia.

Meski demikian, Elkasih berani bertarung dalam genre ini, karena mereka mampu memberikan sentuhan khas melalui suara El Ibnu. Apalagi dengan mengedepankan lirik inspiratif namun ringan untuk ditelan dan dinikmati kalangan penikmat musik.
Menariknya lagi, Elkasih tidak mengeluarkan album versi kaset, hanya dalam bentuk CD sejumlah 10.000 keping dengan harga Rp20.000.

Bisa jadi album ini dapat dibilang semurah kaset kualitas CD. Dan seperti filosofi Elkasih yang berarti "Yang Terkasih", diharapkan El Ibnu cs dapat merebut hati pangsa musik Indonesia. (Dodi ccmd/kpl)

Banyak Dibaca