17 Juni 2008

Robot Riau Juara KRCI 2008

JAKARTA - Robot Politeknik Caltex Riau (PCR) Alrasyidin berhasil menjadi juara pertama pada Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) tahun 2008 di Jakarta untuk kategori Senior Berkaki.

KRCI yang dilangsungkan bersamaan dengan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2008 ini, diikuti 37 robot dari 20 perguruan tinggi seluruh Indonesia. KRCI tahun ini bertemakan robot cerdas pemadam api. Sedangkan tema KRI adalah robot panjat pinang.

Grand final dan pengumuman pemenang kontes ini dilaksanakan di Balairung Universitas Indonesia, Ahad (15/6). Karena berhasil memenangkan divisi ini, maka robot PCR Alrasyidin berhak mewakili Indonesia pada kontes serupa di Trinity Fire Fighting Robocon 2009 di Trinity College of Technology, AS.

‘’Kita sangat bangga dengan prestasi ini. Ini adalah yang terbaik dari yang pernah kita dapat. Tentu saja ini tak terlepas dari perjuangan tim dan sokongan penuh dari semua pihak,’’ kata Yusmar Palapa Wijaya, Asisten Direktur PCR kepada riautoday.com, malam tadi.

Secara lengkap, KRCI dibagi dalam empat divisi. Yakni, Senior Berkaki yang juaranya direbut Alrasyidin dari Politeknik Caltex Riau (PCR). Kemudian, divisi senior beroda yang juaranya diraih Du 114 V8 dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). PENS ITS juga berjaya dengan menjuarai divisi Expert Single dengan robot gho-Zie. Lalu, divisi Expert Swarm dengan pemenang DU 102 dari UNIKOM.

Sedangkan untuk katagori Kontes Robot Indonesia (KRI), pemenangnya adalah tim robot Jump-Be dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS ITS). Prestasi itu mengantarkan Jump-Be sebagai wakil Indonesia ke kontes robot tingkat internasional ABU Robocon 2008 yang akan berlangsung di Pune, India, 30 Agustus mendatang. Jump-Be akan bersaing dengan 20 tim dari berbagai negara di dunia.

Jump-Be berhasil mengalahkan robot Khil-G dari Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang. Pertarungan dua tim perguruan tinggi papan atas di Jatim tersebut berlangsung sangat ketat dan seru. PENS ITS akhirnya juara dengan skor 30-12. Seluruh awak PENS ITS langsung bersujud syukur setelah bel tanda pertandingan selesai berbunyi.

‘’Alhamdulillah, kami senang,’’ ungkap Ridla Rizalani Syarief, Ketua Tim Jump-Be. Selain unggul strategi, kemenangan PENS ITS tak luput dari dukungan ratusan mahasiswa ITS yang menghebohkan tribun penonton dengan yel-yelnya. KRI 2008 diikuti 24 tim dari perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia. Ketentuan pertandingan KRI 2008 mengacu pada ketentuan baku ABU Robocon 2008.

Sumber: Riau Today

9 komentar:

  1. selamat aja buat Juara KRCI 2008 :)

    BalasHapus
  2. Salam robot...he..he

    BalasHapus
  3. To OOM: Makasih om udah sempat dateng, saya jadi tersanjung dikunjungi guru blogger.

    To Indo: Salam robot juga, waka2

    BalasHapus
  4. hebat nih riau ternyata.. lha jakarta nya juara kebrapa dong..?

    BalasHapus
  5. Selamat ya buat PCR, semoga terus berprestasi.

    BalasHapus
  6. To Novee : nggak tahu.. mungkin org Jakarta pada sibuk nggak sempat mikirin robot2an (He..3x)

    To Ani : Semoga Politeknik di Riau nambah satu lagi jg...

    BalasHapus
  7. wueh..
    kampus sayah juga ikutan lomba robot ituh..
    gmn hasilnya yah..
    *cek berita kampus*

    BalasHapus
  8. To -tikabanget- :oh.. jadi kampusnya mbak ikut juga.

    dapet juara nggak??

    BalasHapus
  9. kakak2 serta alumni caltex,,,tlg ksh tau ya,,,model soal yang akan di ujikan nanti pt trsbt,,,slnya aku pengen coba aja,,,
    ni no q 087892092983

    BalasHapus

Banyak Dibaca